Tuesday, October 10, 2017

Tragedi piluh Lumajang tahun 1981 banjir BONDELI

Ketika banjir bandang menerjang kawasan Lereng gunung semeru, desa penanggal, kecamatan candipuro sebelah utara pasirian. Kabupaten lumajang, Jawa Timur.

Ratusan korban jiwa melayang hingga jasadnya ada yang ditemukan dikawasan pantai selatan atau pantai bambang kala itu.

Begitu pula ratusan rumah rata dengan tanah, puluhan sekolah rusak berat, ratusan hektar perkebunan tertimbun dengan lumpur dan tanah .

Setelah sebelumnya dilakukan survai pendahuluan, 44 jam kemudian, dibawah koordinasi brimob polri kompi 25, malang. Tim yang terdiri dari pecinta alam young pioneer.ORARI.JTR Citizen Band radio club berpadu melakukan operasi SAR terhadap korban banjir bandang bondeli selama 2 minggu. 

Presiden kala itu pak. Harto . yang meninjau langsung ke tempat penampungan pengungsi korban banjir bandang bondeli dikecamatan pasirian kabupaten lumajang.

Beliau juga menengok dapur umum dan merasakan masakan yang akan dikirim kepada korban banjir.

pak.harto juga memberikan pidato sejenak untuk membesarkan hati para korban banjir yang sedang dilanda kesusahan .

presiden juga menganjurkan kepada korban banjir untuk bertransmigrasi keluar jawa, karena bertransmigrasi akan lebih mensejahterakan para petani sebab lahan pertanian lebih luas di luar pulau jawa.

Seusai melaksanakan serangkaian perjalanan menyamar ini, rombongan presiden menuju lapangan terbang Abdurachman Saleh,Malang. Untuk kembali ke jakarta.

Doc. Photo presiden lelah ditengah perjalanan dan beristirahat sambil duduk ditanah dan bersender dipagar bambu.

SALAM KOMPAK KOTA PISANG , salam gedang saklirang.
terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan