Sunday, September 24, 2017

Tradisi GREBEK SURO, 1 muharam 1439 H

berita LUMAJANG TERKINI.24/09/2017.
dalam rangka memperingati 1 muharam 1439 H Desa Kebonsari Kec. Sumbersuko Kab. Lumajang membuat acara tradisi grebek suro , yang diikuti kurang lebih 13 peserta dimana tema yang diangkat adalah keislaman dan juga termasuk didalamnya terdapat wujud syukur masyarakat atas panen raya didesa kebonsari .





















tradisi grebek suro ini sudah lama diadakan, tahun ini berbeda dengan tahun yang sebelumnya yaitu diadakannya grebek suro pawai, dengan mempersembahkan sebuah tarian dan di tutup dengan sebuah moment berebut hasil panen para petani yang dibuat dengan piramit yang berkuran 3 m yang berjumlah banyak sekali.

meriyahnya acara tersebut tergambarkan dengan keceriahan para peserta yang berpartisipasi dalam grebek suro ini begitu unik, ada juga yang membuat sebuah drama para petani yang mengusir para hama tanaman seperti tikus dan hama lainya. 





















lepas dari tradisi grebek suro ini . dahulu diceritakan hijrahnya Nabi Muhammad S.A.W. dari Kota Mekah Al Mukarramah ke Kota Madinatul Munawaroh, Arab Saudi. Kondisi dan situasi Kota Mekah pada saat itu sudah tidak aman dan nyaman lagi untuk syiar Islam. Maka Allah swt. memerintahkan Nabi Muhammad saw. beserta sahabat untuk hijrah dari Kota Mekah ke Madina.

makna peringatan 1 muharram 1439 H ini hendaknya dapat membuahkan perubahan dalam perilaku seorang muslim. dengan diniatkan, tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

dengan pergantian Tahun Baru Islam, maka seseorang dapat meninggalkan kebiasaan, ataupun perilaku buruk. Jika pada tahun sebelumnya, kadar ibadah dan amaliah belum baik, maka pada tahun baru ini hendaknya harus lebih baik.

SALAM KOMPAK KOTA PISANG, salam gedang saklirang.
terimakasih.




0 comments:

Post a Comment

terima kasih telah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan